Framework

Minggu, 07 November 2010
Menurut pengalaman saya, mengembangkan program yang dibuat oleh orang lain lebih sulit dibandingkan dengan membuat program tersebut dari awal, karena setiap programmer punya style/gaya yang berbeda-beda dalam programming. parahnya lagi kebanyakan gaya yang dianut programmer adalah gaya 'langsung hajar', tidak ada dokumentasi dan tidak ada komentar/keterangan dalam programnya.

Nah, apabila program tersebut dikembangkan menggunakan framework, maka siapapun programmernya, asalkan dia menguasai framework, maka bisa dipastikan dia bisa mengembangkan program tersebut dengan mudah, karena gaya programnya sudah diseragamkan oleh aturan framework.

Secara sederhana dapat dijelaskan bahwa framework itu merupakan kumpulan fungsi (libraries), maka kita tidak perlu lagi membuat fungsi-fungsi tersebut dari awal. artinya tinggal dipanggil aja fungsi-fungsi yang diinginkan, tentunya cara memanggilnya sesuai dengan aturan framework tersebut. beberapa contoh fungsi-fungsi standar yang telah tersedia dalam suatu framework adalah fungsi paging, enkripsi, email, SEO, session, security, kalender, bahasa, manipulasi gambar, grafik, table bergaya zebra, validasi, upload, captcha, XSS filtering, template, kompresi, XML, dll.

Saat ini banyak sekali framework-framework berbasis PHP diantaranya yg populer adalah Zend, Symphony, Prado, CakePHP, CodeIgniter, Smarty Template dan masih bnyak lagi.



Sekian dulu dr saya, mao nglanjutin kerjaan dulu yak...! :D

1 komentar:

rdhouse47 Says:
23 November 2010 pukul 01.38

ouu jadi pada dsarnya PHP, codeigniter dll itu hanyalah sebuah framework ya mas... jadi seperti.net framework pada windows... namun bahasa pemogramannya adalah php... pengeditannya di dreameweaver dan frameworknya itu PHP, codeigniter, cake php dll wah saya jadi ada sedikit bayangan mkasih mas

Posting Komentar